Selasa, 19 Juli 2011

Perlengkapan Desainer Grafis


Menjadi seorang desainer grafis tentu tidak hanya bermodal ide kreatif saja. Sarana penunjang kreativitas kerja juga perlu menjadi perhatian. Tiap desainer grafis tentu berbeda tingkat kebutuhannya dengan anggaran yang berbeda pula. Sebelum membeli sarana penunjang ini, sebaiknya  pahami dulu apa saja yang anda butuhkan dan kuasai. Cara ini membantu anda meminimalkan pengeluaran/modal awal.  Tidak semua desainer grafis memiliki modal yang cukup untuk hal ini.  Perlu diingat bahwa sarana penunjang hanya sebagai alat bantu untuk memudahkan pekerjaan anda.


A. Perangkat Keras (hardware) & Penunjang lain


1.       Komputer
Sejak berkembangnya dunia desain grafis, permintaan, dan produksi peralatan komputer grafis menjadi sangat tinggi. Perkembangan ini sangat berpengaruh terhadah kecepatan desainer grafis. Pengaruh berkembangannya aplikasi desain grafis juga berperan sangat besar. Sebuah software yang baik tentu dapat berjalan baik pula jika menggunakan computer yang direkomendasikan. Pilihlah komputer yang sesuai dengan pekerjaan agar dapat mempercepat proses teknis ketika mengerjakan desain. Hal ini merupakan cara efektif untuk mengurangi investasi yang berlebihan. Bagi anda yang baru saja berkeinginan untuk membeli komputer yang pastinya digunakan untuk keperluan desain grafis rekomendasi ini mungkin bisa membantu anda. 

·         Prosesor
                        Intel Pentium IV (Minimum)
      Intel Core 2
      (Core2 Duo, Core2 Quad, atau Core2 Extreame)
      AMD Athlon 64 X2 5000 + M2
      AMD X3/X4 Series 




·         Mainboard
Yang pasti carilah mainboard yang support untuk prosesor diatas. Beberapa perusahaan penghasil mainboard, misalnya: Intel, ASUS, Gigabyte, Biostar, dan lain-lain.





·         RAM (Random acces Memory)
RAM DDR2  dengan kapasitas memori 512 Mb (Minimum), namun direkomendasikan diatas itu. Untuk prosesor Intel Pentium anda menggunakan jenis SDRAM atau DDR SDRAM. Walaupun memiliki kapasaitas yang sama (misalnya DDR2 dengan kapasitas 1 Gb) biasanya mainboard menyediakan daftar jenis/merek RAM yang mendukung sistem operasinya. Oleh karena itu gunakanlah jenis/merek RAM yang mendukung sistem operasi mainboard untuk menghasilkan performa yang maksimal . Beberapa perusahaan penghasil RAM, misalnya: Kingston, Visipro, Apacer, Samsung, Corsair, dan lain-lain.



·         Harddisk

Harddisk HDD atau SATA dengan Kapasitas 160 Gb (Minimum). Beberapa perusahaan penghasil Harddisk : Seagate, Samsung, Maxtor, dan lain-lain.











·         VGA card (Video Graphic Array) card
VGA card dengan kapasitas 256 Mb (Minimum) dengan PCI Express. Beberapa perusahaan penghasil VGA card, misalnya: Nvidia, ATI, Chip, dan lain-lain.



·         Sistem Operasi
Windows XP service pack 2, Windows Vista, Windows 7, dengan sistem 32 bit (untuk komputer standard rumah). Direkomendasikan menggunakan  Windows karena banyak software desain grafis yang berjalan dengan baik di sistem operasi ini.



·         DVD RW (read-write)





·         Monitor 
Direkomendasikan dengan ukuran 17 “ (inchi).

Bagi anda yang menggunakan Laptop sebagai alat untuk bekerja sebagai desainer grafis spesifikasi hardware yang digunakan tidak jauh berbeda dengan referensi diatas.

2.       Kamera Digital

Fungsi kamera digital sangat penting bagi seorang disainer grafis. Dengan kamera, seorang desainer dapat mengabadikan momen-momen menarik untuk dijadikan ide desain yang kreatif. Jika anda seorang professional dalam fotografi, maka pilihlah kamera yang berkualitas baik. Beberapa desainer grafis freelance bahkan memilih untuk berinvestasi dengan alat ini.

3.       Alat Pemindai (Scanner)
Alat pemindai atau scanner merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk memindai sesuatu bentuk analog, seperti dokumen foto, dan lain-lain, yang ditransformasikan sebagai data digital ke dalam komputer.

4.       Printer
Printer adalah alat cetak modern yang menggunakan tinta/toner dengan media kertas dan sejenisnya. Seorang desainer grafis wajib untuk memiliki perangkat ini. Printer umumnya digunakan untuk memberikan pravisual pada pekerjaan printing. Perlu diketahui bahwa kualitas printer sangat mempengaruhi hasil warna dan ketajaman cetak yang dihasilkan.







5.       Graphic Tablet
Graphic tablet merupakan alat/perangkat desain grafis yang modern. Alat ini bekerja seperti anda menggunakan pensil diatas kertas. Hasil penggambaran akan diterjemahkan melalui proses digital ke dalam komputer. Alat ini lebih banyak digunakan untuk membuat illustrasi digital.








6.       Portfolio
Sebagai seorang desainer grafis, portofolio merupakan senjata ampuh untuk menjual karya desain. Lengkapi profil diri anda dengan kumpulan karya-karya yang pernah dibuat. Klien akan merasa tertarik dan yakin jika seorang desain grafis memiliki portfolio yang baik 
(hal ini akan dibahas lebih lengkap diartikel khusus).

7.       Koneksi Internet
Dengan meiliki konksi internet anda bisa mencari ide dari desain grafis yang telah banyak beredar di dunia maya. Selain itu koneksi internet juga dapat mempertemukan anda dengan para desainer lokal maupun mancanegara untuk sekedar sharing ataupun promosi desain ke berbagai orang yang membutuhkan jasa anda.

8.       Website Pribadi
Website pribadi bagi seorang desainer grafis seperti halnya  sebuah showroom tempat memamerkan barang dagangan. Sebagai tempat berdagang, buatlah website yang memuat data pribadi, serta halaman yang menarik untuk memajang karya-karya terbaik anda. Sebagai alternative anda juga dapat menggunakan media blog gratis seperti, Blogger.com, WordPress.com, atau Multiply.com. jika ingin membuat web sendiri, anda dapat menggunakan cara instant, yaitu menggunakan aplikasi CMS (Content Managemen System), seperti Joomla. Saat ini banyak penyediaan layanan hosting dan domain gratis yang dapat anda manfaatkan  untuk meletakkan website anda.

9.       Kartu nama
Kartu nama merupakan media promosi diri yang sudah dikenal cukup lama. Bagi anda yang masih baru memulai mempelajari desain grafis, hal ini tentu belum perlu. Namun, bagi anda yang memiliki keinginan untuk menjadikan desain grafis sebagai profesi utama anda atau sekedar freelancer,  hal ini wajib anda miliki. Walaupun media ini sudah cukup tua, namun kartu nama memiliki kekuatan psikologis yang kuat. Mengapa? Karena pada dasarnya seseorang tidak akan memberikan kartu nama kepada orang lain tanpa adanya kontak sosial terlebih dahulu. Baik itu hanya sekedar berkenalan, ngobrol, promosi produk, ataupun pertemun formal. Buatlah kartu nama pribadi dengan data yang lengkap, seperti nama, alamat, e-mail, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Dalam kartu nama, seseorang disainer grafis dapat juga menampilkan kemampuan teknis yang dimilikinya. Desainlah bentuk kartu nama yang menarik, lalu cetak dengan kualitas yang baik pula.

10.   Memiliki rekening tabungan sendiri
Bagi anda yang masih baru memulai mempelajarifreelancer,  hal ini wajib anda miliki (hal ini akan dibahas lebih lengkap diartikel khusus).

B. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak atau software merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu pekerjan anda. Tambahkan (install) aplikasi yang diperlukan pada koputer anda, namun tentunya sesuaikan dengan kemampuan hardware komputer yang digunakan. Apakah aplikasi harus selalu update? Memperbaharui (update) aplikasi memang perlu dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat kerja anda., karena pada versi yang baru tentu akan memuat fitur-fitur yang baru yang lebih baik. Namun, perangkat lunak versi baru akan menuntut kemampuan perangkat keras yang lebih baru pula. Jadi jika anggaran anda terbatas  untuk memperbaharui perangkat keras komputer, maka anda dapat menunda dulu. Hal ini berarti anda tetap menggunakan perangkat lunak yang lama. Berikut beberapa aplikasi pengolahan grafis yang sering digunakan:
a.       Adobe Photoshop
b.      Corel Draw
c.       Macromedia FreeHand
d.      Adobe Illustrator
e.      3D Studio Max
f.        Adobe Flash
g.       Adobe Dreamweaver
(Untuk bagian perangkat lunak (software) klik di sini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar