Rabu, 20 Juli 2011

Software Desain Grafis


Perangkat lunak atau software merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu pekerjan anda. Tambahkan (install) aplikasi yang diperlukan pada koputer anda, namun tentunya sesuaikan dengan kemampuan hardware komputer yang digunakan. Apakah aplikasi harus selalu update? Memperbaharui (update) aplikasi memang perlu dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat kerja anda, karena pada versi yang baru tentu akan memuat fitur-fitur yang baru yang lebih baik. Namun, perangkat lunak versi baru akan menuntut kemampuan perangkat keras yang lebih baru pula. Jadi jika anggaran anda terbatas  untuk memperbaharui perangkat keras komputer, maka anda dapat menunda dulu. Hal ini berarti anda tetap menggunakan perangkat lunak yang lama. Berikut beberapa aplikasi pengolahan grafis yang sering digunakan:

a.       Adobe Photoshop
Adobe Photoshop atau yang biasanya disingkat Photoshop merupakan perangkat lunak aplikasi pengolahan grafis buatan Adobe Systems. Aplikasi ini dikhusukan untuk mengolah gambar bitmap seperti foto, pembuatan efek dan digital painting. Aplikasi bitmap ini banyak digunakan oleh fotografi digital, desainer grafis dan desainer web. Sejak mulai diluncurkan Adobe Photoshop mengalami pengembangan. Pada versi kedelapan, aplikasi ini diberi nama Adobe Photoshop CS (Creative Suite), versi kesembilan disebut Photoshop CS2, versi kesepuluh disebut Adobe Photoshop CS3, versi kesebelas disebut Adobe Photoshop CS4, dan versi berikutnya versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5.
b.      Corel Draw
Corel Draw adalah perangkat lunak pengolahan grafis berbasis vector yang dikembangkan oleh Corel. Corel merupakan perusahaan pengembang aplikasi grafis yang berkembang di Kanada. Hingga saat ini, Corel banyak mengalami kemajuan. Dimulai dari versi 13, Corel menggunakan nama X3, yang dilanjutkan oleh versi berikutnya X4, dan versi berikutnya X5. Pada awal pengembangannya, Corel lebih diutamakan berjalan pada sistem operasi Windows 2000 atau yang lebih baru. Corel pernah mencoba untuk mengembangkan aplikasi  Corel Draw untuk sistem operasi  Linux dan Mac OS, namun saat ini produk tersebut dihentikan dengan tingkat penjualan yang rendah.


c.       Macromedia FreeHand

Macromedia FreeHand adalah aplikasi grafis berbasis vector yang digunakan untuk membuat grafik 2 dimensi. Pada awalnya aplikasi ini lebih diorientasikan untuk pasar desktop professional. Aplikasi ini telah dikembangkan mulai dari versi 1 sampai dengan versi 11 MX. Setelah perusahaan pengembangannya (Macromedia) diakuisisi oleh perusahaan Adobe, pengembangan aplikasi ini dihentikan. Adobe lebih mengembangkan aplikasi serupa, yaitu Adobe Illustrator. Namun, masih banyak desainer grafis yang masih menggunakan FreeHand dengan alasan sudah familiar, ringan, dan mudah digunakan.


d.      Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah aplikasi pengolahan grafis berbasis vector. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat ilustrasi, membuat edit vector, grafik untuk cetak,  desain web, dan lain-lain. Aplikasi ini dikembangkan dalam versi Windows dan Mac OS. Persaingan yang ketat dengan Corel Draw membuat aplikasi ini mengalami banyak perubahan tiap versinya.


e.      3D Studio Max
3D Studio Max adalah aplikasi pengolah grafis dan animasi 3D yang cukup popular. Aplikasi ini digunakan untuk keperluan modeling, rendering, dan animasi. Penggunaan tool yang cukup mudah dan hasil render yang baik membuat aplikasi ini menjadi pilihan utama untuk mulai mengenal modeling maupun animasi 3D. Melalui perusahaan Autodesk, aplikasi 3D Studio Max berkembang dengan penambahan fitur-fitur baru yang semakin memudahkan dan mempercepat pekerjaan anda.


f.        Adobe Flash
Adobe Flash atau yang biasa di sebut Flash merupakan salah satu perangkat lunak unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vector maupun animasi 2 dimensi. Aplikasi ini dulunya bernama Macromedia Flash, namun setelah Macromedia diakuisisi oleh Adobe pada tanggal 3 Desember 2005, produk ini dikembangkan dan berubah nama menjadi Adobe Flash. File yang dihasilkan dari aplikasi ini memiliki ekstensi .swf yang dapat dijalankan pada web browser . Flash memiliki kemampuan bahasa pemrograman yang bernama ActionScript, yang muncul pertama kalinya pada versi Flash 5.



g.       Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan program editor untuk membuat halaman web. Sebelumnya, aplikasi ini dikenal dengan nama Macromedia Dreamweaver yang dibuat dan dikembangkan oleh Macromedia. Namun setelah diakuisisi oleh Adobe, produk ini berkembang dan berubah nama menjadi Adobe Dreamweaver. Perlengkapan ini termasuk yang diminati desainer web karena kelengkapan fitur dan kemudahan peggunaanya. Melalui Dreamweaver anda dengan mudah merancang halaman statis maupun dinamis yang mendukung database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar