Selasa, 02 Agustus 2011

Fire Text Effect

Berikut ini tutorial membuat teks yang di balut dengan api. Dengan effect ini teks seolah-olah terbakar. Kita akan mengabungkan image api dengan teks dan tentunya akan sedikit memodifikasi warna teks dengan layer style. Tutorial ini membutuhkan ketelitian terutama dalam penempatan image api pada teks agar efek terbakar terlihat sempurna.

Oke langsung saja langkah-langkahnya:

Langkah 1
Buka lembar kerja baru pada Photoshop, ubah background dengan warna hitam. Kemudian ketik teks yang akan di beri efek api.

Langkah 2
Kita akan memodifikasi huruf pertama dari keseluruhan teks (disini saya mulai dari huruf “U”) oleh karena itu Retrize layer teks anda. Seleksi huruf “U” dengan menggunakan Marquee tool (M), kemudian klik kanan>Layer via cut, maka huruf “U” akan berpindah ke layer baru (beri nama “head”)

Langkah 3
Pada layer “head” klik kanan,  kemudian Blending option. Klik Drop Shadow dan buat settingnya seperti di bawah ini: 




Langkah 4
Klik Color Overlay untuk mengubah warna teks (disini saya menggunakan warna cc6600)dan buat settingnya seperti di bawah ini:

Langkah 5
Klik Satin, ubah warna teks (disini saya menggunakan warna 582900) dan buat settingnya seperti di bawah ini:
  
Langkah 6
Klik Inner Glow, ubah warna teks (disini saya menggunakan warna e3bd29) dan buat settingnya seperti di bawah ini:

Kemudian Klik Ok

Langkah 7
Kita telah mengubah warna dari huruf “U”. Namun kita harus menyeragamkan warna agar serupa dengan beberapa huruf sebelumnya. Pada layer “Head” klik kanan>copy layer style. Pindah ke layer di bawahnya, Klik kanan>Paste layer style kemudian Retrize kedua layer. Maka hasilnya akan seperti ini:

Langkah 8
Hapus bagian atas teks dengan menggunakan Eraser Tool (gunakan bentuk yang halus) pada setiap teks seperti di bawah ini:

 Kemudian pada menu option bar pilih Filter>Liquify. Ubah bentuk dari setiap teks agar memiliki tekstur dengan setting seperti di bawah ini:








Langkah 9
Buka image api yang akan kita balutkan pada teks, saya menggunakan image ini. 

Kemudian image api, klik channels. Tekan Ctrl+Klik Kiri layer Green, maka kamu akan mendapat bagian image api yang terseleksi.

 
Langkah 10
Drag Image api yang terseleksi dengan move tool ke layer yang berisi teks (layer image api berada di atas layer teks). Aturlah posisi api dengan Free Transforms pada teks sesuai selera kamu. Agar lebih rapi kamu bisa menggunakan Eraser Tool.




















Lakukan hal yang sama pada setiap teks. Hasilnya akan seperti ini:

Langkah 11
Balutan api masih belum sempurna. Duplikat image api pada setiap teks. Untuk image api yang asli ubah Opacity menjadi 13 %. Pada Image api yang di duplikat ubah Blend Mode menjadi Overlay. 



Langkah 12
Buat layer baru di bawah layer teks dan beri nama “Glow”. Gunakan Brush dengan warna merah yang berbentuk lingkaran dan bertekstur halus. Lakukan seperti di bawah ini:



Langkah 13

Ubah blending mode layer Glow ke Color Dodge dengan Opacity 16%. Kamu juga bisa menambahkan background hitam lain pada desain kamu. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:
















---GOOD LUCK and ALWAYS HAVE FUN---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar