Selasa, 09 Agustus 2011

Reflective Liquid Text Effect

























Tutorial ini masih membahas seputar modifikasi teks. Kalau di posting sebelumnya kita membuat teks api dengan bantuan image, effect cairan (liquid) kali ini kita ciptakan sendiri. Hasil akhirnya sudah pasti huruf yang terbuat dari air.Tekstur pada permukaan teks bisa memantulkan warna dari background yang digunakan (reflective), sehingga image air terkesan real. Oke langsung saja langkah-langkahnya:

Langkah 1
Buka lembar kerja baru dengan settingan seperti di bawah ini:










 






Ketiklah teks yang akan diberi efek liquid, gunakan jenis font yang tidak kaku dan sisi-sisinya  tidak membentuk suduk siku-siku, lancip (tajam), melainkan membentuk sudut 180o. Gunakan warna yang mendekati hitam (disini saya menggunakan warna #666666). Contohnya seperti teks di bawah ini:























Langkah 2
Setelah teks di ketik (posisi teks sudah sesui dengan selera kamu) selanjutnya klik kanan>reterize layer. Buat layer baru di atas teks dan buatlah bulatan pada sekitar teks untuk di gunakan sebagai tetesan air dengan menggunakan brush tool (warna bulatan harus sama dengan teks) setelah itu gabungkan kedua layer. Contohnya seperti gambar di bawah ini:




















Langkah 3
Klik Pallate Channel, dan duplikat “Channel blue”. Non aktifkan semua channel selain channel blue dengan cara mengklik lambing mata. Pada Channel blue copy beralih ke Image>Adjustments>Invert. Maka background pada channel blue akan berwarna hitam.

 













Langkah 4
Buka menu Filter> Gaussian Blur. Pertama sekali berikan blur pada chanel dengan radius 15px. Kemudian ulangi lagi pada dengan radius 25 px. Intinya kamu memberikan 2 kali blur pada satu channel yaitu channel blue.
 



















Langkah 5
Non aktifkan channel blue, kemudian aktifkan channel yang lainnya.















Setelah itu pindah ke Filter>Render>Lighting Effects, aturlah setinggnya seperti di bawah ini:

  
Ini adalah bagian yang cukup sulit karena bila teks terlalu terang atau terlalu gelap maka akan berpengaruh cukup besar di langkah selanjutnya. Oleh karena usahakan warna yang di hasilkan merata kesetiap teks. Hasil yang cukup ideal seperti di bawah ini:




















Langkah 6
Selanjutnya beranjak ke Filter>Sketch>Chrome, kemudian Layer styles>Bevel/Emboss (untuk warna samakan dengan teks) settingnya seperti di bawah ini:





































Maka hasilnya seperti di bawah ini:



















Langkah 7
Kemudian Image>djustment>Curves, lalu Image>Adjustment>Levels, Settingnya seperti di bawah ini:

 


















Langkah 8
Kemudian Filter>Liquify. Disinilah kita akan mengubah tekstur teks agar tampak seperti air. Gunakan  Bloat tool untuk mengubah tekstur teks menjadi bergelombang(langkah ini pernah di bahas pada tutorial Fire Text Effect ) setelah itu klik OKE.



















Apabila saya mengubah warna Background yang berwarna putih pada Pallate Layer maka hasilnya akan seperti di bawah ini:




















Sudah selesai…!!!????
Mana refleksinya??? Tentu saja akan kita bahas di langkah 9

Langkah 9
Buka gambar apa saja dengan cara file>open yang menurut kamu menarik (di sini saya menggunakan image berwarna biru). Lalu beri efek blur pada gambar tersebut (klik menu Filter>blur). Usahakan seluruh tekstur pada image menjadi kabur (saya sarankan blur dengan skala >80 px). Copy image yang telah di blur. Tempatkan image asli di bawah layer teks dan image copy di atas layer teks. Pada image copy ubah Normal mode menjadi Soft Light. Seperti di bawah ini:




















Hasil akhirnya akan seperti ini:


























---GOOD LUCK and ALWAYS HAVE FUN---

1 komentar: