Rabu, 08 Februari 2012

28 Pertanyaan Seputar Desain Grafis (Bagian II)

Pada postingan yang lalu sudah dijabarkan 16 dari 28 pertanyaan seputar desain grafis. Langsung saja kita bahas pertanyaan-pertanyaan yang tersisa.

17.  Apa kekurangannya mendesain dengan bantuan komputer? 
  •       Karena sentuhan garis dengan komputer relatif kaku dan rapih, sehingga mengurangi kesan manusiawinya. Beberapa kalangan menilai penggunaan komputer desain merupakan seni kaleng yang murahan.
    •       Sulit mencurahkan gagasan ke dalam gambar dalam waktu singkat. Karena komputer grafis lebih cenderung untuk presentasi / finishing bukan sketsa.
    •     Dengan adanya fasilitas undo dan history, perilaku desainer grafis komputer cenderung kurang berhati-hati / ceroboh. 

    •        Perlu mempelajari secara khusus tentang hardware dan software grafis.
       
      18.  Lalu saya harus memilih yang mana: manual atau komputer?
      Perkembangan teknologi komputer telah banyak merubah proses produksi grafis, termasuk cara berpikir desainernya. Ada yang anti komputer dan lebih menjagokan Hand-Made / Manual. Adapula yang maniak komputer dan sama sekali tidak mampu/ mau membuat sketsa sekalipun. Atau ada yang menggabungkan keduanya, dengan melihat kekuatan masing-masing (hand-made & komputer). Anda termasuk yang mana?
      Perdebatan antara dua kubu manual dan komputer kadang sering dipermasalahkan karena setiap generasi pada zamannya lebih familiardengan teknik saat itu. Namun masalah tersebut tidak perlu diperdebatkan lebih jauh karena semuanya tergntung kebutuhan, minat dan idealismenya masing-masing individu.

      19.  Untuk membuat gambar yang lebih baik apakah perlu bakat sejak lahir?
      Lebih baik begitu. Tapi bakat saja tidak cukup karena perlu diasah dan dilatih terus menerus. Jika anda merasa tidak punya bakat, anda harus berpikir lebih cerdas dan berlatih lebih keras. Namun hal tersebut akan menjadi beban jika anda tidak punya minat (dengan kata lain: tidak ikhlas).

      20.  Apa yang dimaksud dengan “minat”?
      Minat adalah kata lain dari cinta. Orang sedang jatuh cinta akan memberikan apapun (waktu dan harta) untuk orang yang dicintainya tanpa berat hati. Begitu pula seorang ibu akan memberikan apapun kepada anaknya tanpa mengharapkan balas jasa dari sang anak. Desainer grafis akan bekerja dengan mengorbankan waktu dan biaya demi kepuasan klien atau target pasar tanpa mengharapkan imbalan.
       
                  21.  Rugi dong mendesain cape-cape tapi ga dibayar?
      Dilihat dari materi memang rugi, tapi di sisi lain anda akan bertambah ilmu, pengalaman dan portofolio yang bisa diperlihatkan kepada orang lain sebagai bukti track record anda yang menanjak.

      22.  Apa yang membuat seseorang berbakat?
      Semua manusia terlahir sebagai kertas kosong. Pengaruh dari keluarga, lingkungan makanan\, dll akan mempengaruhi kemampuan seseorang. Pengaruh luar sadar tersebut menjadikan bakat seseorang. Namun bila tidak diasah dan tidak dilatih, selamanya akan menjadi bakat terpendam.

      23.  Beberapa lama untuk menjadi desainer grafis yang baik?
      Tergantung jam terbang anda. Jika setiap hari berlatih mendesain dengan pengalaman yang berbeda. Bisa jadi dalam 3 bulan, orang lain akhirnya akan mengakui kehebatan karya anda. Jika anda kuliah disekolah grafis tapi anda hanya membuat tugas 2 seminggu sekali, bisa jadi karya anda akan dianggap baik setelah 5 tahun.

      24.  Perlukah saya belajar di sekolah grafis?
      Tanya dulu pada diri anda secara jujur. Untuk apa anda sekolah? Mencari ilmu, nilai, ijazah, koneksi,cari pacar, gelar, status atau gengsi? Jika jawaban utama anda cenderung bukan jawaban pertama, sebaiknya tidak perlu sekolah!

      25.  Jika saya tidak sekolah apa yang perlu saya kerjakan untuk menjadi desainer grafis?
      Pengalaman adalah guru yang paling baik. Bukan: Dosen adalah guru yang paling baik. Jadi sekolah yang paling baik adalah alam atau lingkungan anda sendiri. Cobalah terus untuk lebih banyak memberi sesuatu pada lingkungan anda dan lihat reaksinya. Evaluasi dan Introspeksi pekerjaan anda. Jika anda sudah menerima banyak kritik dan cemoohan, tidak lama lagi anda akan banyak menerima pujian dan penghargaan.

      26.  Bagaimana menimbulkan ide dalam mendesain?
      Kadang-kadang ide muncul saat dalam kesendirian (khususnya di WC). Namun cara tersebut tidak dapat diterapkan pada semua orang. Agar ada ide-ide kreatif dalam mendesain, banyak-banyaklah bergaul, berpergian, membaca, mendengar, menonton, yang kita suka maupun yang tidak  kita suka. Jangan mentang-mentang suka lagu Rock, lalu anda anti dengan lagu dangdut.karena siapa tahu anda akan dapat kerjaan mendesain cover abum penyanyi dangdut.

      27.  Bolehkah saya meniru / menjiplak?
      Untuk tujuan pembelajaran, meniru / menjiplak adalah cara yang paling diperbolehkan bahkan dianjurkan. Tapi untuk tujuan komersil, anda hrus hati-hati jangan sampai karya anda bermasalah dengan hak cipta.

      28.  Karya kreatif apakah harus orisinil?
      Orisinil adalah hal yang sulit dicapai 100%. Kita tahu jika diadakan acara perlombaan mirip bintang terkenal, amak yang daftar akan berbondong-bondong. Apakah kita akan mengatakan bahwa Tuhan tidak kreatif? Orisinalitas adalah motivasi bagi desainer agar dirinya lebih aktual. Kenyataannya karyanya sering ada kesamaan dengan karya orang lai n baik sadar atau tidak sadar. “Jujur” adalah kata kuncinya.


      Sumber:
           Hendi Hendratman, ST. 2010. Tips and Trix Computer Graphics Design (Edisi Revisi). Bandung: Penerbit Informatika


      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar